Doa Memohon Perlindungan Dari Kejahatan Jin dan Manusia

https://www.abusyuja.com/2020/02/doa-memohon-perlindungan-dari-kejahatan-jin-manusia.html
Abusyuja.com_Di dalam ayat-ayat di atas, Allah memerintahkan manusia agar memohon perlindungan kepada-Nya dari bisikan jahat setan, jin, dan setan manusia. Setan akan menggoda manusia pada saat manusia lengah dan melupakan Allah, kemudian dia mundur dan melempem pada saat manusia berdzikir, dan ingat kepada Allah.

Baca juga:

Misi dan pekerjaan setan itu ada dua, pertama, menyuruh manusia melakukan dosa dan kejahatan, dan yang kedua, menghalang-halangi manusia dari segala macam bentuk perbuatan baik yang diridhai Allah.

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah mengemukakan enam tahapan yang dilalui setan dalam menyesatkan dan memperdaya manusia.

Tahap setan dalam menyesatkan manusia


Tahap pertama

Tahap pertama adalah pengkafiran atau pemusyrikan manusia. Kalau yang diajak setan itu Muslim, yang beriman, yang tidak bisa dikafirkan dan dimusyrikan, setan akan melangkah ke tahap bujukan yang kedua.

Tahap kedua

Yang kedua adalah pembid'ahan. Setan pada tahap kedua ini berpaya menjadikan orang Muslim sebagai ahli bid'ah. Bid'ah yang dimaksud disini adalah bid'ah Dholalah, yaitu bid'ah haram yang bertentangan dengan syariat Islam dan Sunnah Nabi. Kalau yang dirayu setan itu kalangan Ahlussunnah, yang teguh dan istiqamah memegang sunnah, setan akan melangkah ke tahap berikutnya.

Tahap ketiga

Tahap ketiga adalah menjebak orang Islam kepada dosa-dosa besar. Seperti Zina, Perselingkuhan, dll. Kalau yang bersangkutan beriman teguh, sehingga tidak mau melakukan dosa-dosa besar, setan tetap tidak akan putus asa, untuk terus berupaya mencari taktik lain, dengan melangkah ke tahap yang keempat.

Tahap keempat

Tahap yang keempat adalah setan akan menjebak manusia dengan dosa-dosa kecil. Pada tahap ini, banyak dari kita yang akhirnya terperangkap dengan godaannya. Bahkan, banyak dari kita yang tidak menyadari atas dosa-dosa kecil yang kita lakukan setiap hari. Jika iman diibaratkan saringan, dosa kecil  merupakan benda yang lolos dari saringan tersebut. Semakin lemah iman kita, maka akan semakin besar lubang-lubang sarinagnnya, sehingga dosa-dosa kecil akan tetap lolos.

Tahap lima

Kalau tahap keempat ini gagal juga, setan akan melangkah ke tahap kelima, yaitu menyibukkan manusia kepada masalah-masalah yang mubah (boleh), sehingga yang bersangkutan menghabiskan waktunya untuk urusan-urusan yang mubah, yang dampaknya lupa menunaikan perbuatan-perbuatan yang dicintai oleh Allah Swt., yang berpahala, yang semua Muslim diperintahkan mengamalkannya.

Tahap keenam

Kalau tahap yang kelima gagal juga, setan akan melanjutkan strategi gandanya ke tahap yang keenam, yaitu menyibukkan manusia dalam urusan-urusan kurang bermanfaat atau yang manfaatnya lebih kecil, sehingga dampak persoalan-persoalan yang lebih penting dan yang lebih baik jadi tertinggal dan terabaikan. Misalnya, sibuk dengan amalan sunnah, sehingga amalan wajib tertinggal.

Oleh karena itu, agama menganjurkan setiap Muslim membaca doa do atas untuk melindungi dari kejahatan setan (jin) maupun keburukan manusia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel