Doa Terhindar Dari Fitnah Dajjal

https://www.abusyuja.com/2020/02/doa-terhindar-dari-fitnah-dajjal.html
Abusyuja.com_Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan doa yang kami kutip dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Yaitu doa memohon agar dijauhkan dari fitnah Dajjal, atau mengantisipasi keluarnya Dajjal.

Tanda besar kiamat yang paling utama adalah keluarnya Dajjal. Dajjal merupakan anak Adam yang menjadi fitnah paling dahsyat sepanjang zaman. Bila Dajjal sudah keluar, banyak manusia akan tersihir untuk mengakui bahkan mengimani Dajjal sebagai tuhan. Mereka mengira bahwa Dajjal adalah yang paling berkuasa di muka bumi ini.

Banyak manusia akan meninggalkan keimanan kepada Allah karena mengagumi Dajjal. Ia menjadi fitnah paling dahsyat sepanjang zaman. Bila manusia meyakini ada yang lebih berkuasa di muka bumi ini selain Allah, berarti ia telah menjadi Syirik, mempersekutukan Allah dengan sesuatu selain Allah.

Baca juga:

Dalam sebuah hadits, Rasulullah Saw. bersabda, "Allah ta'ala tidak menurunkan ke muka bumi, sejak penciptaan Adam hingga hari Kiamat, fitnah yang lebih dahsyat dari fitnah Dajjal." (HR. Thabrani)

Yusuf Al-Wabil mengatakan bahwa Dajjal adalah Al-Masih, kesesatan yang menyebarkan huru-hara kepada manusia dengan kejadian-kejadian luar biasa, seperti sanggup menurunkan hujan, menghidupkan bumi dengan tumbuh-tumbuhan, menghidupkan orang yang sudah mati dengan izin Allah, dan sebagainya. Berbagai kehebatan inilah yang menyebabkan manusia mempercayainya sebagai tuhan.

Asal makna "dajjal" ialah "al-khalath" (mencampur, mengacaukan, membingungkan). Dikatakan bahwa "seseorang itu berbuat Dajjal bua ia menyamarkan dan memanipulasi", dan Dajjal adalah manipulator dan pembohong yang luar biasa. Ia dinamakan Dajjal karena ia menutupi kebenaran dengan kebatilan, atau karena ia menutupi kekafirannya terhadap orang lain dengan kebohongan, kepalsuan, dan penipuan atas mereka.

Maka, untuk menjaga diri dari fitnah Dajjal, kita sebaiknya meningkatkan penghayatan ketika membaca doa yang diajarkan Nabi Saw. di akhir shalat pada saat tahiyat akhir menjelang salam kenan dan ke kiri.

Itulah tadi sedikit pembahasan mengenai doa mengantisipasi fitnah Dajjal. Semoga, Allah Swt. melindungi kita semua dari fitnah keji Dajjal. Aamiin. Jika dirasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke sanak kerabat, agar mereka mendapatkan manfaatnya juga. Cukup sekian dari kami, kurang lebihnya mohon maaf. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel