Inilah 4 Dzikir yang Paling Disukai Allah Swt.

http://www.abusyuja.com/2020/05/4-dzikir-yang-paling-disukai-allah.html
Abusyuja.com_Pada kesempatan kali ini, kami ingin membahas sedikit mengenai dzikir-dzikir yang paling disukai atau yang paling dicintai oleh Allah Swt.

Kenapa harus berdzikir?
Berdizikir merupakan kebutuhan rohani manusia. Tanpa berdizkir, hati kita akan keras. Keras dalam segala hal, termasuk dalam mengingat Allah. Hal ini akan berdampak pada segala aspek kehidupan kita. Baik dalam hubungan sesama manusia maupun dengan sang Pencipta.

Ada hadis yang mengumpamakan antara orang yang berdzikir dan orang yang tidak berdzikir. Dalam Shahih Bukhari, ada hadis melalui Abu Musa Al-Asy'ari ra. bahwa Nabi Saw. pernah bersabda:

"Perumpamaan orang yang berdzikir mengingat Allah dan orang yang tidak berdzikir mengingat-Nya  sama dengan orang yang hidup dan orang yang mati."

Itulah salah satu alasan mengapa kita harus berdzikir. Berikut ini beberapa dzikir yang paling disukai oleh Allah. Simak pembahasannya.

Baca juga:
Dzikir ini kami kutip dari kitab karya Imam Nawawi yang berjudul Al-Adzkar. Beliau menjelaskan sebuah hadist yang menerangkan tentang dzikir-dzikir yang paling disukai oleh Allah.

Dalam kitab sahih muslim muslim melalui Abu Dzar Ra. yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw. Pernah bersabda kepadanya:

"Maukah aku ceritakan kepadamu tentang kalam (dzikir) yang paling disukai oleh Allah Saw.? Sesungguhnya kalam yang paling disukai oleh Allah adalah, 'Maha suci Allah dan dengan memuji kepada-Nya'."

Dalam riwayat lain dijelaskan bahwa Rasulullah Saw. pernah ditanya, "Dzikir apa yang paling utama?" Beliau menjawab, "Dzikir yang dipilih Allah buat para malaikat-Nya atau hamba-hamba-Nya,yaitu: ' (سبحان الله) Mahasuci Allah dan dengan memuji kepada-Nya'."

Selain lafadz "Subhanallah", ada beberapa lafadz dzikir lagi yang juga disukai oleh Allah. Apa saja itu? Berikut hadisnya.

Dalam kitab shahih muslim dijelaskan. Melalui Samurah Ibnu Jundub ra., Bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:

"Ucapan yang paling disukai oleh Allah Swt. ada empat kalimat, yaitu: ' (سبحان الله) Maha Suci Allah', '(الحمد لله) Segala Puji Bagi Allah', '(لا إله إلاّ الله) Tidak ada Tuhan Selain Allah' dan ' (الله أكبر) Allah Maha Besar.' Tidak membahayakanmu dengan yang manapun di antaranya kamu memulai."

Dari hadis di atas dapat kita simpulkan bahwa dzikir-dzikir yang paling disukai oleh Allah itu ada empat. Yaitu: Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha illallah dan Allahu Akbar.

Ke empat-empatnya tadi boleh kita amalkan. Entah salah-satunya maupun semuanya. Jadi tidak ada ketentuan khusus dalam pengamalannya. 

Bahkan ada sebuah hadis yang mengatakan bahwa keempat dzikir tersebut merupakan kalimat yang lebih dicintai Allah daripada semua yang tersinari matahari.

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:
"Sesungguhnya kucapkan kalimah, 'subaahallah (maha suci Allah)', 'Alhamdulillah (segala puji bagi Allah)', Laa ilaa ha illallah ( tiada tuhan selain Allah)', Allahu Akbar (Allah Maha Besar)'. Lebih aku sukai daripada semua yang disinari oleh matahari."

Dalam hadis Hasan dijelaskan. Imam Turmudzi dan Ibnu Majjah meriwayatkan sebuah hadis melalui Jabir bin Abdullah ra. yang menceritakan:

"Aku pernah memdengar Rasulullah Saw. Bersabda, 'Dzikir yang paling utama adalah kalimat' (لا إله إلاّ الله) Laa ilaa ha Illallah ( tiada tuhan selain Allah)'. ( Imam Turmudzi mengatakan bahwa hadis ini berpredikat Hasan).

Itulah dzikir-dzikir yang paling dicintai oleh Allah. Tetapi pembaca yang budiman, tidak sepatutnya kita menomorduakan dzikir lain selain keempat tadi. Sebab, setiap dzikir juga memiliki keutamaan sendiri-sendiri. 

Ada dzikir yang khusus untuk pelindung sihir. Ada juga dzikir yang digunakan untuk mencari jodoh. Jadi kita harus tetap menghormati setiap amalan dzikir, apapun itu selagi masih dalam jalur akidah yang benar.

Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel