Keutamaan Istighfar, dari Kemandulan Hingga Terbukanya Pintu Rezeki

https://www.abusyuja.com/2020/05/keutamaan-istighfar-dari-kemandulan-hingga-terbukanya-pintu-rezeki.html
Abusyuja.com_Meningkatkan takwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala merupakan suatu kewajiban bagi makhluk-Nya. Kita dituntut untuk menjadi lebih baik seiring dengan bertambahnya umur. Sebab, kita tidak akan pernah tahu kapan umur itu akan terputus. Dan salah satu jalan untuk mencapai ketakwaan adalah memperbanyak membaca istighfar. Kenapa demikian? Karena di dalam istighfar terdapat beribu-ribu manfaat. Banyak sekali dalil-dalil tentang keutamaan istighfar dan kita harus meyakini kebenarannya. Berikut beberapa keutamaan istighfar yang mungkin dapat anda jadikan sebagai motivasi atau dorongan agar dapat lebih giat lagi mengamalkan dzikir yang sangat mulia ini:

1. Allah akan memberi ampunan

Dalam kehidupan sehari-hari, entah disengaja maupun tidak disengaja, pasti kita pernah melakukan dosa. Dosa ibarat debu yang menempel, apabila tidak segera dibersihkan, maka akan menyebabkan karat di hati. Salah satu dosa yang sangat sering dilakukan adalah Ghibah. Ghibah adalah membicarakan sesama muslim tentang sesuatu yang apabila orang tersebut mendengarnya ia pasti tidak akan senang.

Baca juga:

Ghibah hampir setiap hari terjadi di kerumunan. Mulai dari pasar, swalayan, warung kopi, bahkan kerumunan pedagang sayur. Jika kebiasaan tersebut tidak segera dihentikan, maka akan menjadi habit (kebiasaan) negatif yang dapat mengakibatkan kerasnya hati.

Sebagaimana sabda Rasulullah Saw., sebaik-baiknya umat Muhammad adalah apabila ia mempunyai kesalahan, ia akan segera bertobat. Jika kita setiap hari melakukan dosa, maka segeralah memohon ampun kepada Allah dengan penuh kesungguhan. Dan salah satu caranya adalah dengan memperbanyak istighfar sembari menetapkan hati yang ikhlas.

2. Hati menjadi bersih

Dengan memperbanyak istighfar dan memohon ampun kepada Allah Swt., hati kita akan menjadi bening dan bersih. Bagaimana tidak? Orang yang beristighfar, ia akan selalu mengakui kesalahan dan meminta ampun kepada Allah, lalu sadar dan teguh ingin menjaga dirinya agar tidak terperosok lagi dalam dosa. Dan orang yang hatinya bersih akan mudah melakukan hal-hal kebaikan, serta peka terhadap hal-hal positif.

3. Dapat mendatangkan rezeki

Istighfar adalah salah satu sebab turunnya bermacam-macam rezeki dari Allah Swt. Didalam QS. Nuh: 10-12 dijelaskan bahwa Allah akan memberikan balasan bagi orang-orang yang beristighfar dengan beberapa hal:
  1. Allah akan menurunkan air hujan yang deras.
  2. Allah memberi ladang dan kebun-kebun yang subur.
  3. Allah akan memberikan sungai-sungai berair sejuk yang mengalir.

4. Allah akan menurunkan hujan

Akhir-akhir ini, Indonesia sempat mengalami kemarau panjang. Banyak kasus-kasus hutan terbakar, polusi udara menyebar kemana-mana. Kemarau inilah yang menyebabkan angin bertiup kencang, sehingga kebakaran hutan cepat sekali meluas.

QS. Hud ayat 5 dijelaskan bahwa Allah akan menurunkan hujan apabila kaumnya mau memohon ampun kepada-Nya, lalu bertobat kepada-Nya. Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang sangat deras.

Mungkinkah bencana beruntun ini adalah bertanda bahwa manusia sudah terlalu banyak dosa? Tentu saja iya. Tetapi dibalik semua itu terdapat hikmahnya. Banyak umat Islam bertobat, bermuhasabah, berbondong-bondong melaksanakan shalat Istisqa', memperbanyak istighfar dan meminta ampun kepada Allah.

5. Allah akan memberikan kenikmatan yang baik

Allah berjanji dalam QS. Hud:3 kepada orang-orang yang beristighfar kepada-Nya berupa nikmat yang baik. Ibnu Abbas memberi penafsiran bahwa Allah akan memberikan keluasan rezeki dan kelapangan hidup.

6. Allah akan menurunkan rahmat

Tidak semua orang diberi rahmat oleh Allah Swt. Rahmat merupakan karunia agung, sebuah belas kasih sang Pencipta kepada hamba-Nya. Allah Swt. berfirman dalam QS. An-Naml ayat 46 bahwa "Hendaklah kamu meminta ampun kepada Allah, agar kamu mendapatkan rahmat."

7. Allah akan menjauhkan Azab

Azab merupakan siksaan yang diberikan Allah kepada hamba-Nya akibat kesalahan-kesalahannya sendiri. Barang siapa yang selalu berdzikir, beristighfar, dan memohon ampun kepada Allah, niscaya Dia akan menjauhkan kita dari Azab-Nya. Allah Swt. Berfirman dalam QS. Al-Anfal: 33 bahwa, " Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedangkan mereka meminta ampun (beristighfar)."

8. Mendapatkan keturunan

Bagi mereka yang sedang diuji Allah dengan kemandulan sehingga tidak bisa memiliki keturunan, janganlah berputus asa terlebih dahulu. Insyaallah, Allah masih berkenan untuk memberi keturunan. jangan sedih dan mengutuk nasib terlebih dahulu. Allah sendiri berfirman dalam Al-Qur'an dan memberi solusi bagi mereka yang sulit memiliki keturunan. (Baca QS. Nuh: 10-12)

Banyak orang yang memiliki masalah sulit mendapatkan keturunan, namun pada akhirnya bisa mendapatkan pertolongan Allah melalui istighfar. Maka dari itu, beristighfarlah, memohon ampun kepada-Nya, dan berdoa dengan sungguh-sungguh. Mudah-mudahan Allah akan segera memberikan keturunan kepada yang belum memilikinya.

9. Allah akan memberikan kelapangan rezeki

Bagi seseorang yang terlilit hutang, dagangan tidak kunjung laris, dan lain sebagainya, mungkin hal tersebut adalah ujian Allah. Kita di uji agar tetap selalu sabar dan menerima apapun yang diberikan oleh Allah. Bersyukur ketika mendapat lebih dan ikhlas ketika mendapat kurang.

Rasulullah Saw. bersabda dalam hadis riwayat Ahmad, " Barang siapa memperbanyak istighfar, maka Allah akan menjadikan kelapangan dari tiap-tiap kesusahan, Allah akan memberi rezeki dan jalan yang tidak disangka-sangka." (HR. Ahmad).

Itulah beberapa keutamaan istighfar. Semoga dapat mewakili keutamaan istighfar lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Bagikan artikel ini apabila bermanfaat. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel