Lafadz-Lafadz Istighfar Beserta keutamaannya

https://www.abusyuja.com/2020/05/lafadz-lafadz-istighfar-beserta-keutamaannya.html
Abusyuja.com_Istighfar adalah memohon ampun kepada Allah yang dilakukan oleh seorang hamba yang beriman kepada Allah. Hal ini merupakan perbuatan yang sangat dianjurkan dan merupakan hal yang sangat penting pula dalam ajaran Islam. Karena hampir setiap hari kita melakukan kesalahan dan dosa, baik yang sengaja maupun yang tidak sengaja.

Baca juga:
Beristighfar adalah salah satu langkah awal kita memohon ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang kita perbuat di masa lampau. Tindakan ini secara harfiah dilakukan dengan mengulang-ulang perkataan dalam bahasa arab berupa ucapan  اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ (Astaghfirullahal 'adziim) yang artinya adalah "aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung".

Sebagai hamba Allah yang tidak luput dari salah dan dosa, selayaknya kita memperbanyak membaca istighfar kepada Allah. Dalam sebuah hadits Rasulullah Saw. bersabda, "Setiap manusia mempunyai salah. Dan sebaik-baiknya orang yang bersalah adalah orang-orang yang mau bertobat (menerima ampun)." (HR. Tirmidzi)

Beristighfar merupakan cerminan akan kesadaran diri seseorang yang bertakwa tentang betapa banyak kesalahannya, kemudian memohon ampun kepada Allah agar kembali kepada kebenaran.

Dalam Islam, makna istighfar tidak terletak pada pengucapannya, namun pada seberapa dalam memaknai dan menghayati apa yang diucapkan, dalam konteks yang lebih jauh lagi, agar ia terus mengingat Tuhan disaat ia tergoda untuk melakukan perbuatan dosa. Sementara apabila telah melakukan dosa, maka istighfar adalah titik tolak baginya untuk bertekad diri agar tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Macam-macam lafadz istighfar

Berikut beberapa jenis bacaan istighfar arab, latin beserta artinya:

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ 
Latin: "Astaghfirullahal 'azhiim".
Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung".


أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيم, الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوم. وَأَتُوبُ إِلَيْه

Latin: "Astaghfirullahal 'azhiim, alladzii laa ilaaha illa huwal hayyul qayyuum, wa atubu ilaih".
Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tiada tuhan selain Allah Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat pada-Nya."

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ
Latin: "Rabbighfirli watub 'alayya innaka antat tawwabur rahiim".
Artinya: "Ya Allah mohon ampunilah hambamu dan terimalah tobat-ku, sesungguhnya Engkau Maham Penerima Taubat lagi Maha Penyayang."

للَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Latin: "Allahumma anta rabbi laa ilaaha illa anta, khalaqtanii wa-anaa 'abduka, wa-anaa 'alaa 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu, a'uudzubika minsyarri maa shana'tu, abuu-ulaka bini'matika 'alayya, wa-abuu-u bidzanbii faghfirlii fainnahuu laa yaghfirudzdzunuuba illaa anta."

Artinya: "Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku, sedangkan aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janji-Mu. Dan aku berjanji kepada Engkau dengan semampuku, aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat. Aku mengakui Engkau atas nikmat Engkau terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tidak ada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau."

Keutamaan membaca istighfar

Berikut beberapa keutamaan membaca istighfar:
  1. Allah memberi ampunan
  2. Hati Menjadi bersih
  3. Mendatang rezeki
  4. Allah akan menurunkan hujan dan menambah kekuatan
  5. Allah Akan memberikan kenikmatan yang baik 
  6. Allah akan menurunkan rahmat 
  7. Allah akan menjauhkan kita dari azab 
  8. Allah akan memberikan kelapangan rezeki yang tidak terduga-duga 
  9. Allah akan memberikan keturunan bagi mereka yang diuji Allah dengan kemandulan 
Itulah beberapa lafadz-lafadz istighfar yang bisa anda amalkan lengkap dengan keutamaannya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel