Doa Agar Dikaruniai Anak yang Sholeh Sholehah

https://www.abusyuja.com/2020/02/doa-agar-dikaruniai-anak-yang-sholeh-sholehah.html
Abusyuja.com_Tak dapat kita pungkiri, anak adalah permata dambaan kedua orang tuanya. Di dalam Al-Qur'an, Allah Swt. menyebut anak dengan sebutan "penyenang hati". Dan demikianlah adanya, memiliki anak adalah karunia terbesar yang dianugerahkan Allah kepada orang tua. Sebelum membahas mengenai doa agar dikaruniai anak yang soleh dan solehah, mohon renungi sejenak niat hati kita.

Doa Agar Dikaruniai Anak yang Sholeh Sholehah


RABBI HAB LII MINASH SHAALIHIIN, RABBI HAB LII MIN LADUNKA DZURRIYYATAN THAYYIBATAN INNAKA SAMII'UD DU'AA'

"Ya Rabbku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang sholeh", "Yarabbku, berikanlah aku dari sisi-Mu seorang anak yang baik. Sesungguhnya engkau maha Mendengar doa."

Asal Usul Doa 

Doa pertama ini berasal dari QS. Ash-Shaffat : 100. Merupakan doa yang pernah digunakan oleh Nabi Ibrahim sebelum anaknya yang bernama Ismail lahir ke dunia ini.

Sedangkan doa yang kedua, berasal dari QS.  Al-Imran : 38. Merupakan doa yang digunakan oleh Nabi Zakaria. Kala itu, Nabi Zakaria masuk ke dalam mihrabnya dan mengunci seluruh pintu, kemudian beliau membaca doa ini supaya Allah Swt. mengaruniakan anak kepada beliau anak yang sholeh.

Baca juga :

Ketika bahtera rumah tangga pertama kali diarungi, maka pikiran pertama yang terlintas dalam benak suami-istri adalah berapa jumlah anaknya dan kearah mana anak tersebut akan dibawa.

Ini tidaklah aneh, Sebab, memang setiap orang tua pasti mendambakan kelak anak-anaknya dapat menjadi anak yang sholeh dan sholehah, sehingga sangat penting bagi orang tua untuk memperhatikan perkembangan anak baik dari segi intelektual, fisik, maupun ekonomi.

Tapi, yang lebih penting dari semua itu adalah memperhatikan perkembangan iman mereka. Aspek iman merupakan kebutuhan pokok yang bersifat mendasar bagi seorang anak.

Rasulullah Saw. bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, "Jika wafatnya anak cucu adam,  maka terputuslah amalan-amalannya kecuali tiga : sedekah jariyah atau ilmu yang bermanfaat atau anak yang sholeh sholehah yang selalu mendoakan orang tuanya." (HR. Muslim)

Dalam hadits ini, jelas disebutkan bahwa ciri anak yang sholeh sholehah adalah anak yang selalu mendoakan kedua orang tuanya. Tentu, anak yang senang mendoakan kedua orang tuanya ia sedari kecil telah terbiasa dididik secara disiplin untuk melaksanakan kebaikan-kebaikan, menunaikan perintah-perintah Allah, serta menjauhi segala larangan-larangan-Nya.

Selain usaha keras orang tua dalam mendidik anak-anaknya, membaca doa-doa ajaran Nabi yang diambil dari ayat Al-Qur'an di atas sangat dianjurkan sehingga mereka memiliki anak yang sholeh sholehah dambaan jiwa.

3 Tips mendidik anak agar menjadi sholeh sholehah

Selain doa agar dikaruniai anak yang sholeh dan sholehah, kami juga ingin menambah sedikit tips yang kami dapatkah dari Almaghfurlah KH. Ahmad Baidlowie Syamsuri (Almarhum), Pengasuh pondok pesantren Sirojuth Tholibin Brabo, tentang bagaimana caranya agar anak kita menjadi anak yang baik, pintar, berbakti kepada orang tua, sholeh dan sholehah.

a. Diberi makanan yang halal

Wahai para orang tua, jangan sekali-kali memberi makan anak lewat rezeki haram. Sebab, rezeki haram dapat menyatu dengan dagingnya, dan hal tersebut akan berpengaruh terhadap perubahan hidupnya.

b. Diberi kasih sayang

Sayangi anak kalian. Kalau bisa dukung mereka, beri hadiah yang bermanfaat, beri mereka sesuatu yang dapat membantu proses belajarnya. Jangan beri mereka sesuatu yang dapat melahirkan potensi  berperilaku negatif.

c. Diberi air mata

Bangunlah di sepertiga malam, lakukan shalat malam dan menangislah, memohon kepada Allah Swt. agar dianugerahi anak yang sholeh dan sholehah.

Itulah sedikit pembahasan mengenai doa agar dikaruniai anak sholeh dan sholehah. Jangan lupa di bagikan ke sanak saudara apabila artikel ini bermanfaat. Kurang lebihnya kami mohon maaf. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel