Doa Ketika Menghadapi Keadaan Genting

Abusyuja.com_Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan doa ajaran Rasulullah ketika sedang menghadapi keadaan genting dan menolak bencana. Doa ini senantiasa dibaca oleh Rasulullah ketika beliau dihadapkan dengan suasana genting. Berikut doanya:

Doa Menghadapi Keadaan Genting

https://www.abusyuja.com/2020/02/doa-ketika-menghadapi-keadaan-genting.html
Menurut riwayat Nasa'i dan Ibnu Sunni, Rasulullah Saw. menyuruh Ali supaya membaca doa di atas ini apabila ditimpa suatu kesulitan. Sedangkan , Abdullah bin Ja'far selalu membaca dzikir di atas kepada orang yang sedang demam.

Doa di atas dibaca kala seseorang menghadapi keadaan yang genting. Apapun bentuknya keadaan genting itu disesuaikan dengan kondisi masing-masing orang dalam keadaan bagaimana ia merasakan kesulitan hidupnya.

Bisa jadi kala kondisi perusahaannya bangkrut, atau sedang menghadapi cobaan sakit, atau sedang depresi karena tak lulus ujian, dia dianjurkan berdoa dengan bacaan yang tertulis di atas.
Selain itu, Nabi Yunus juga berdoa kepada Allah ketika ia berada dalam perut ikan, beliau berdoa dengan membaca, "LAAILAAHA ILLA ANNTA, SUBHAANAKA INNI KUNNTU MINADZAALIMIIN".

Setelah Nabi Yunus membaca doa tersebut, beliau pun keluar dari perut ikan atas seizin Allah setelah beliau menyadari akan kesalahannya, sebab telah pergi meninggalkan kaumnya ketika mereka berada dalam keadaan kesesatan.

Kita bisa berdoa dengan pilihan doa yang telah disajikan oleh Rasulullah Saw. dan bebas memilih diantaranya karena doa-doa di atas adalah bacaan pilihan yang diajarkan beliau kepada umatnya untuk mencegah bencana serta mengatasi keadaan-keadaan genting.

Dalam hadits-hadits di atas, sudah kami jelaskan riwayatnya tinggal memilih salah satu dari bacaan yang tertera di atas, atau semuanya. Karena, pada intinya, berdoa adalah kebaikan dan ibadah, apalagi doa-doa yang diuntai dari hadits Nabi dan ayat Al-Qur'an.

Semoga Allah Swt. selalu memberikan rahmat-Nya dan memudahkan kita dari persoalan-persoalan yang datang menimpa dengan solusi atau penyelesaian yang terbaik. Jangan lupa bagikan artikel ini apabila bermanfaat. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel