Download Kitab Bulughul Maram PDF Arab dan Terjemahnya

Daftar Isi

Download Kitab Bulughul Maram PDF Arab dan Terjemahnya
Abusyuja.com – Kitab Bulughul Maram adalah kitab hadis tematik yang di dalamnya memuat kumpulan hadis yang dijadikan sumber pengambilan hukum fikih oleh para ulama.

Kitab Bulughul Maram ini memiliki nama lengkap Bulug hal-Maram min Adillat al-Ahkam. Sebuah kitab yang mendapatkan pengakuan dunia dan telah diterjemahkan ke berbagai bahasa asing di seluruh dunia.

Namun sebelum ke link download kitab ini, berikut Abusyuja paparkan sekilas tentang kitab ini beserta biografi singkat pengarangnya.

Sekilas Tentang Kitab Bulughul Maram

Kitab Bulughul Maram dikarang oleh Ibnu Hajar As-Asqalani. Di dalam kitab ini memuat kurang lebih 1.371 hadis. beliau, Ibnu Hajar mengadopsi hadis-hadis berkualitas dari sumber-sumber hadis paling utama, yaitu Sahih Bukhari, Sahih Muslim, Sunan Abu Dawud, Sunan an-Nasa’i, Sunan Tirmidzi, Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad, dan lainnya.

(Anda bisa langsung klik link-link di atas, untuk mengunduh kitab-kitab terkait)

Kitab Bulughul Maram merupakan salah satu kitab paling populer di kalangan pesantren. Kitab ini tergolong istimewa karena seluruh hadis di dalamnya memuat hadis-hadis yang menjadi fondasi landasan fikih mazhab Syafii.


Tidak hanya itu, kitab ini selain menyebutkan Asbabun Nuzul hadis, di dalamnya juga memuat perbandingan antar riwayat lain yang bersumber dari jalur lain. Karena keistimewaan inilah Bulughul Maram menjadi salah satu kitab masyhur sebagai rujukan hadis yang dipakai secara luas tanpa memedulikan mazhab fikihnya.

Jika Anda paham mengenai bab tematis dalam kitab-kitab fikih, maka Anda akan tidak kesulitan dalam menelaah bab-bab dalam kitab ini. Sebab, dalam penulisannya, khususnya dalam kitab Bulughul Maram, Ibnu Hajar menggunakan metode tematis yang sama.

Sekilas Tentang Pengarang Kitab Bulughul Maram

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kitab ini dikarang oleh Ibnu Hajar al-Asqalani. Beliau lahir di Kairo Mesir pada tahun 773 Hijriah atau 1372 Masehi dan meninggal pada 852 Hijriah atau 1449 Masehi.

Beliau adalah ulama ahli hadis mazhab Syafii. Nama lengkapnya adalah Syihabuddin Abul Fadhl Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Mahmud bin Ahmad bin Hajar.

Tidak hanya di Mesir, kesungguhannya dalam menggali ilmu membuatnya terdorong untuk melakukan rihlah atau perjalanan ke berbagai negeri. Bahkan di usia 12 tahun, beliau telah mendengarkan Sahih Bukhari di Makkah dari Syekh Afifuddin an-Naisaburi al-Makki.

Beliau juga melakukan rihlah keilmuan ke Damaskus. Di negeri tersebut, beliau bertemu murid-murid ahli sejarah dari kota Syam, Ibnu Asakir. Di sana beliau menimba ilmu pada Ibnu Mulaqqin dan al-Bulqani.

Beliau juga ber-rihlah ke Baitul Maqdis. Di sana beliau mencari ulama-ulama ternama di kota-kotanya, seperti Nablus, Ramlah, Khalil, dan Ghuzzah. Beliau juga ke Shan’a dan beberapa kota di Yaman untuk mencari ulama-ulama ternama di sana.

Di antara karya-karya beliau adalah Fathul Bari, Tahdzib at-Tahdzib, Bulughul Maram, Al-Isti’dad Liyaumil Mi’ad, dan masih banyak lagi.

Download Kitab Bulughul Maram PDF

Sesuai judul di atas, Abusyuja akan membagikan kitab Bulughul Maram PDF baik versi bahasa Arab atau Terjemah Indonesia. Berikut link downloadnya:

Download Kitab Bulughul Maram PDF Arab Saja

Download Kitab Bulughul Maram Arab Saja versi Word


Download Kitab Bulughul Maram PDF Terjemah Indonesia

Demikianlah pembahasan mengenai kitab Bulughul Maram lengkap dengan link download dan biografi singkat pengarangnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam